"Kuliah Atau Organisasi"


"Kuliah Atau Organisasi"

Kata diatas pasti akan ada di benak hampir semua mahasiswa di Indonesia (termasuk saya), sehari-hari kita disibukkan dengan jadwal kuliah, tugas, laporan dan sebagainya namun itu bukan satu-satunya kesibukkan. Ada satu kesibukkan yang menuntut kita kerja dan berpikir ekstra, bukan secara teori dan praktek tapi juga soal perasaan yang akan bercampur menjadi satu persoalan rumit, yaitu Organisasi

Di sebagian universitas organisasi kampus itu di wajibkan bagi mahasiswanya (jumlah mahasiswa sedikit) tapi perlu disadari bahwa organisasi ternyata sangat menunjang karrier kita kedepannya, selain melatih kita berbicara mengemukakan pendapat, memimpin dan dipimpin, organisasi juga memberikan pelajaran bahwa kita tak bisa berjalan sendiri. Karena manusia adalah makhluk sosial yang akan saling membutuhkan dan dengan organisasi kita dilatih kerjasama.

Tapi untuk sekarang ini sudah mulai ditinggalkan, mahasiswa sekarang bersibuk-sibuk mencari IP yang setinggi-tingginya, dan ingin cepat lulus supaya cepat keluar dari dunia kuliah. Apakah mereka sadar bahwa Hard Skill saja Tidak Cukup (?). karena pintar perlu penunjang untuk menjadi cerdas, bangsa ini sudah terlalu banyak mempunyai orang pintar tapi sulit menemukan orang cerdas. Sebab apabila kita pintar yang ada kita akan dibodohi. 

Satu jalan untuk menunjang Hard skill adalah kembali berorganisasi dan berinovasi untuk kemajuan bangsa, ini adalah penunjang terbaik, dimana kita akan belajar memimpin atau dipimpin. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa manusia adalah khalifah (pemimpin), oleh sebab itu di dalam organisasi kita belajar memimpin sembari kita memimpin diri sendiri untuk bisa membagi waktu dengan kegiatan yang berguna.

Sudah cukup banyak mahasiswa yang hanya kuliah saja tanpa menunjang kuliahnya itu dengan organisasi, mari kita rubah kembali supaya menjadi Mahasiswa yang CERDAS, bukan hanya Pintar. Indonesia sekarang krisis kepemimpinan dan apabila ini terus berlanjut kapan negara ini menjadi negara maju. banyak pemimpin dan orang-orang pintar tapi mereka semua tidak berhasil mensejahterakan negara ini.

buat kembali generasi cerdas Indonesia dengan belajar berorganisasi dan terus berusaha yang terbaik untuk kuliah. Alangkah baiknya apabila Kuliah dan Organisasi ini berjalan secara berkesinambungan tanpa memisahkan satu dengan yang lainnya. supaya kita menjadi generasi ungul dan bermakna.

semoga tulisan ini dapat menginspirasi kita semua untuk kembali berorganisasi dan terus belajar supaya menjadi manusia yang cerdas kelak nantinya.
"Nilai tinggi tanpa kemampuan organisasi bagaikan kue yang enak tanpa pembungkusnya, Organisasi tanpa nilai tinggi hanyalah pembungkus yang tidak ada isinya, Tapi Nilai tinggi dengan Organisasi adalah kue dengan pembungkus yang menarik"


Terimakasih,
Salam Mahasiswa :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Fisika Dasar Tentang Gesekkan Pada Bidang Miring

Laporan Praktikum Fisika Dasar Tentang Pengukuran Pada Benda Padat

Laporan Kimia Dasar 1 Reaksi-reaksi Kimia